Kamis, 13 Juni 2019

Guppy Terbaik Dari Negeri Thailand

Isi akuarium berukuran 1 m x0,5 m x 0,5 m itu lumayan sesak. Selain beberapa induk blue moskow, superred, bluegrass, dan yellow cobra, burayak dari keempat jenis itu memadati akuarium. Namun di balik kehadiran sekitar 50 millionfish itu terselip sepasang guppy bercorak pink. Dialah guppy langka dari negeri Siam.

Guppy corak pink yang tenar disebut pink mozaik itu termasuk jenis langka. Keindahannya memang luar biasa. Di balik warna tubuh yang total pink metalik, pada ekornya terdapat hiasan totol-totol hitam. Tampak kontras. “Jenis ini belum banyak yang punya di tanah air,” ujar Andree Gunawan, hobiis di Bogor.

Menurut Andree, hasil silangan penangkar di Thailand itu diperoleh pada pertengahan Mei 2007 setelah menitipkan pada kolega yang bertugas ke sana. Untuk sepasang Poecilia reticulata cantik itu alumnus Fakultas Peternakan IPB perlu merogoh kocek Rp 1-juta. “Saat pesan lagi 4 bulan kemudian, penangkarnya sudah tidak punya hibrida itu lagi,” kata pemilik Fantasy Aquatic itu yang sedang mencoba menangkarkan pink mozaik itu.

Poecilia reticulata
Guppy Pink mozaik
Panjang tubuh : 3,5—4 cm Asal    :    Thailand
Keistimewaan : Tubuh mengkilap
merah muda. Ekor totol-totol hitam. Mata merah.

Warna merah

Pink mozaik hanya salah satu dari guppy jenis baru andalan Andree. Jenis lainnya adalah metal albino, superred, sunset, dan fullred. Seluruhnya berwarna merah. “Pasar memang menghendaki warna terang seperti merah,” ujar peternak yang kini tengah memurnikan darah metal albino itu.

Yang juga memasukkan jenis baru adalah Joty Atmajaya di Sunter, Jakarta Utara. Ketua Indo Guppy Club itu memasukkan metalik king cobra, blue king cobra ribbon, dan fullred dari Singapura. Jenis ribbon— memiliki pita tipis panjang di perut—kini malah dipacu produksinya. “Harganya hampir 2 kali lipat dibanding normal karena ikan itu terlihat eksklusif,” ujarnya. Contoh blue king cobra ribbon yang dihargai Rp200.000—Rp300.000 per pasang; normal Rp 100.000—Rp200.000 per pasang.

Jenis-jenis albino alias mata merah pun tetap menjadi favorit. “Jenis ini banyak diburu karena penampilannya elegan,” ujar Suryo Subroto, hobiis di Bekasi. Fullred albino ribbon misalnya mencapai harga Rp500.000 per pasang. Sayang, hibrida itu bersifat resesif sehingga tidak mampu menelorkan anakan dengan tubuh kuat. “Burayak yang dihasilkan mayoritas pasti mati,” ujar Joty. Mungkin itu pula yang membuat harganya tinggi.
Blue king cobra ribbon
Panjang tubuh : 4 cm
Asal    :    Thailand
Keistimewaan : Corak tubuh kombinasi putih-hitam-biru merata dari kepala hingga ekor. Totol hitam di bagian perut. Sirip lebar dengan corak totol hitam. Mata hitam.
Nun di Yogyakarta, Agung Saputra ikut pula mendatangkan 3 strain baru dari Thailand: black cobra black tail high dorsal, orange metal cobra swallow tail ribbon, dan fullred swallow tail ribbon. Istimewanya, fancy guppy itu memiliki tubuh bongsor. Bila dihitung dari ujung kepala sampai ekor panjangnya mencapai 6 cm. “Strain ini penemuan penangkar di Jepang,” kata Agung yang menjual rata-rata seharga Rp 1-juta per pasang.

Tak melulu jenis-jenis hibrida impor baru. Pilihan mendatangkan jenis lama seperti black moskow ribbon, platinum albino, red mozaik albino, tetap berjalan. “Guppy-guppy ini untuk memperkuat strain, sekaligus dipakai untuk indukan mendapat jenis baru,” kata Suryo.


Nah, agar guppy-guppy baru itu awet dipelihara dan warnanya tetap mencorong, kesehatan ikan mutlak dijaga. “Paling tidak air perlu diberi sedikit garam,” kata Suryo. Dosisnya 100 g per 100 1 air. “Cara itu sudah cukup membuat jenis baru berumur panjang,” tambahnya. Maklum saja dengan harga mahal tentunya kenikmatan yang direguk harus lebih lama.

Guppy Terbaik Dari Negeri Thailand Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 komentar:

Posting Komentar