Minggu, 23 Juni 2019

Macam Macam Jenis Adenium Motif Anggrek Hasil Persilangan

"Ini revolusi besar-besaran di adenium," ujar Chandra Gunawan, kolektor tanaman hias di Sawangan, Depok. Maklum sosok mawar gurun itu kian glamour. Motif pada petal bak sekuntum anggrek. Bentuk pun lebih beragam dan selalu memamerkan bunga. Semua jadi pilihan hobiis untuk menyemarakkan teras.

Lazimnya Adenium obesum berbunga polos dan berwarna ngejreng. “Jika bermotif, paling banter di sekitar corong,” kata Handoyo, staf Godongijo Nursery. Kini, Adenium obesum tampil beda. Motif garis-garis muncul dari mulut corong dan menyebar hingga seluruh permukaan petal. Ukuran bunga besar, berdiameter 6 - 8 cm, dan warna makin mencolok.

Sebetulnya adenium bercorak ada sejak 2 - 3 tahun silam. Namun, kebanyakan jenis Adenium somalense crispom, seperti joseph discovery, strawberry, dan pink lines. Jenis-jenis itu motifnya kurang jelas, ukuran petal kecil, dan malas berbunga. Baru setelah disilang dengan obesum penampilan mawar gurun itu kian cantik. Berikut penampilan terbaru adenium bermotif anggrek.

Zaftig Moon

Keistimewaan dessert rose itu pada bercak merah yang menghiasi pinggir petal. Bercak tebal itu menutupi hampir separuh permukaan petal yang putih bersih. Corak garis-garis merah di corong berwarna kuning mempercantik penampilan bunga. Petal menumpuk berbentuk bulat seperti bulan. Mawar gurun asal Taiwan itu mampu memamerkan bunga hingga 10 kuntum.

Zaftig Moon adenium
Zaftig Moon


Have a dream is the most beautiful

Sepintas penampilan adenium ini mirip bunga terompet. Corong panjang dengan petal mengembang. Strip putih memancar dari terowongan hingga ke permukaan petal. Ujung petal lancip dan agak keriting. Adenium berwarna merah cerah itu semakin cantik kala 6—8 kuntum mekar berbarengan.
adenium Have a dream is the most beautiful
Adenium Have a dream is the most beautiful
Uranium

Sosok adenium berdiameter 6 - 8 cm itu terlihat bulat karena petalnya menumpuk dan saling menempel. Bercak merah menyala menghiasi pinggir petal. Penampilannya kian eksotis dengan strip merah memanjang membelah petal. Turunan Adenium somalense asal Taiwan itu tampak rimbun lantaran jarak antardaun rapat dan tertutup dompolan bunga berjumlah 6 - 8 kuntum.
Adenium Uranium
Adenium Uranium

Star of net stripe

Daya pikat jenis ini pada motif jaring di permukaan petal yang berwarna merah marun. Guratan merah tampak jelas menyembur dari corong. Bunga tergolong kecil, 4 - 6 cm, tetapi rajin berbunga. Jumlah bunga 8—10 kuntum. Petal tersusun agak menumpuk dengan ujung membulat.
jenis adenium Star of net stripe
Star of net stripe Adenium


Noble concubine

Sekilas sosok noble concubine mirip zaftigmoon. Tepi mahkota berhias bercak merah menyala. Perbedaannya bentuk petal lebih lancip dan berukuran kecil, 4 - 6 cm. Corong bersih tanpa corak kuning muda. Bunga lebat 6 - 8 kuntum/tanaman.
Adenium Noble concubine
noble concubine Adenium


Moonlight fairy

Paduan corak putih yang menyembur di sekeliling corong tampak serasi dengan petal merah. Bentuk petal bulat dengan tepi agak keriting. Corong hijau muda bergaris-garis cokelat. Meski pelit bunga, 4 - 6 kuntum penampilannya tetap elok karena ukuran bunga besar, 6 - 8 cm.
adenium
Moonlight fairy Adenium


Mini lily

Keunggulan jenis ini pada strip merah cerah yang membujur dari dalam corong hingga ujung petal. Corak itu terlihat amat tebal menghias bunga merah muda. “Corak seperti ini jarang ditemukan di adenium,” ungkap Chandra Gunawan. Penampilannya kian elok lantaran bentuk mungil bak bunga lili. Adenium berdarah somalense itu datang dari India.
Mini lily adenium
Mini lily adenium


Bicolour

Jenis ini cukup unik lantaran bunganya bisa berubah warna seperti bunglon. Bercak merah muda menyerupai renda yang mengelilingi mahkota bunga akan berganti putih setelah seminggu. Warna itu senada dengan corongnya. Adenium asal Thailand itu berukuran besar, 6 - 8 cm, dan tahan 7 - 10 hari.
Bicolour adenium
Bicolour Adenium

Macam Macam Jenis Adenium Motif Anggrek Hasil Persilangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 komentar:

Posting Komentar