Sabtu, 20 Juli 2019

Keunggulan Anjing Beagle Sebagai Alarm Dog Terbaik Dibanding Jenis Lain nya

Susanti dongkol saat rottweilernya bungkam ketika ada orang mau masuk rumah. Beruntung hobiis yang tinggal di kawasan Kelapagading, Jakarta Timur membeli Bigel nama anjing jenis beagle dari salah satu breeder 3 tahun silam. Anjing asal Inggris itu cukup sensitif. Suara lirih pun tak luput dari telinganya. Pantas bila anjing bermuka lucu itu cocok dijadikan sebagai alarm dog.

Semula Susanti menganggap Bigel hanya sekadar anjing keluarga. Tampang anjing betina itu terkesan bersahabat. Sikapnya pun manja dan lembut. Apalagi anjing bernama Triches A Belle itu cenderung pendiam.

Dugaan ibu 3 anak itu ternyata keliru. Begitu Bigel berumur 5 bulan, mucullah karakter aslinya. Ketukan pintu pagar saja mengundang reaksi anjing itu “bersuara”. Salakannya pun cukup keras. “Biasanya Bigel menggonggong terlebih dulu, kemudian disusul rottweiler. Naluri seperti itu ternyata muncul secara alami,” ucap pemilik Von Kelly Dog Trainning Centre itu.

Selain rajin menyalak, anjing kelahiran 25 Juni 1997 itu kalem. Ia lebih senang duduk atau tiarap di salah satu pojok ruangan daripada mengacak perabotan rumah. Lokasinya pun dipilih yang bersih. “Ia tipe pemilih. Kalau diberi daging dan dogfood pasti dipilih dagingnya saja,” ujar istri Fransetra itu.

Alarm Dog

Suka mengendus

Kendati tubuh gempal dan pendek, gerakannya ternyata cukup lincah. Kaki depan selalu dinaikkan ke atas seolah mau menubruk lawan. “Perilaku itu juga diperagakan untuk mengungkapkan rasa senang. Biasanya ia minta dipeluk dan disayang,” kata ibu berusia 51 tahun itu.

Kebiasaan lain, anjing itu selalu mengendus-endus ke tanah. Apalagi saat diajak ke suatu lokasi baru, moncongnya tak henti mencium. Pantas bila anjing itu dijuluki sniffing ground. Ini ibarat manusia tidak percaya sebelum melihat. Maka, beagle tidak percaya sebelum mencium.

Ekor adalah salah satu ciri khasnya. Biasanya ekor mengarah ke bawah atau keluar. Ekor beagle cenderung ke atas bila sedang mengendus. Uniknya, ekor itu tegak menyerupai antena dan dikibas-kibaskan ke kanan-kiri seakan-akan mencari sinyal arah suatu benda.

Dengan kelebihan seperti itu, beagle cocok dijadikan pelacak. Kemampuan mencari jejak di suatu lokasi terbukti cukup bagus. Rasa keingintahuan itu terlihat dari kebiasaan selalu mencium segala sesuatu di sekelilingnya. Kendati sosok tubuh kecil, daya tahannya cukup kuat. Ia tidak mudah menyerah begitu saja ketika bekerja.

Di Amerika Serikat beagle sudah dimanfaatkan sebagai pelacak narkotika dan bahan peledak. Anjing berwajah manis itu hanya duduk-duduk di salah satu pintu masuk stasiun, terminal, pelabuhan, atau bandara. Orang yang berlalu-lalang tidak menyadari kalau dirinya sedang dideteksi sang anjing.

Kejadian serupa juga dijumpai di bandar udara Australia. Di sana beagle ditugaskan untuk menciumi tas yang berada di conveyer belt. Dengan cekatan anjing itu melompat dari tas satu ke tas lain. Kasus penyelundupan barang dan buah kerap digagalkannya. Selain itu, hobiis di negeri kanguru itu memanfaatkannya untuk teman berburu di hutan. Yang lebih fantastis kejadian di Inggris. Anjing kelangenan ratu Elizabeth I itu dilatih mendeteksi suatu jenis penyakit.

Dengan kondisi seperti wajar, bila breeder di Indonesia kurang berminat membiakkan. Mereka cenderung memilih anjing yang sudah populer, seperti basset hound, golden retriever, herder, rottweiler, atau doberman. “Dulu, Bigel saya dapatkan dari salah satu peternak di Jakarta. Harganya Rp3,5-juta untuk anjing berumur 3 bulan. Apalagi ia satu-satunya yang tersisa. Setelah itu peternak itu alih usaha ke anjing lain,”ujar Susanti.

Hitungan jari

Beagle sebenarnya cocok untuk daerah panas, seperti Indonesia. Sayang, hobiis lebih menyenangi anjing berpenampilan glamor. Karena terkesan “anjing kampung,” penggemarnya paling hanya hitungan jari. Buktinya, di kontes anjing multi trah tak ada beagle di daftar peserta. Itulah sebabnya kalau Susanti juga merasa kesulitan mendapatkan pejantan untuk pemacak. Padahal, “Saya diminta subdit satwa Polri untuk mengembangbiakkan anjing ini. Kalau kondisinya seperti ini pasti akan terhambat,” katanya.

Hal sama juga dialami Budi, salah satu hobiis di Jakarta yang menelepon adisucipto sebulan silam. Ia tertarik untuk memiliki beagle ketika berkunjung ke Australia. Tubuh mungil dan kemampuan mendeteksi cukup bagus menjadi daya tarik. Namun, begitu tiba di Jakarta ia kecewa lantaran seluruh petshop yang didatangi tak ada satu pun yang menjual beagle. “Kalau mendatangkan anjing itu dari Australia biayanya mahal,” katanya.

Variasi warna Beagle

Penampilan beagle tak kalah elegan dibanding anjing lain. Raut mukanya yang imut mengingatkan pada Goofy, tokoh kartun terkenal kreasi Walt Disney. Tubuh anjing pemburu itu termasuk tipe sedang. Tinggi tubuh sekitar 33—41 cm dengan bobot 14—15 kg. Sosoknya anggun sehingga cocok menjadi anjing keluarga.

Apalagi ada pilihan 2 variasi wama, yakni: putih dan cokelat atau kombinasi hitam, cokelat, dan putih. Wama bulu di punggung relatif seragam : hitam atau cokelat semburat putih. Warna kepala cokelat atau putih berbaur cokelat muda. Tipe bulunya pendek, halus, dan tebal. Dengan begitu anjing itu mudah dirawat.

Susanti memandikan Bigel seminggu sekali. Mandi setiap hari juga tidak masalah asal tidak disampo. “Bila anjing tersiram air biarkan saja. Paling 5 menit bulunya sudah kering,” ujarnya. Masalah pakan sebenarnya tidak rewel. Setiap hari hanya menghabiskan 1,5 gelas air minum atau setara 200 g. Yang perlu diperhatikan, pakan sisa segera ditarik.

Beagle tidak saja bertampang imut. Kepandaiannya melakukan berbagai keterampilan menarik minat hobiis untuk memiliki anjing itu. Apalagi ketika menyaksikan rasa kedekatan anjing asal Inggris itu “bercanda” dengan pemiliknya, la selalu ingin berbuat sesuatu yang yang menyenangkan kepada majikan. Bahkan, anjing itu bersahabat dengan anak-anak.

Kepandaian Anjing Beagle Setara Dengan German shepherd

Beagle bukanlah tipe anjing penyerang. Namun, intelejensinya setara herder, la bisa dilatih menjadi pelacak dan penjaga rumah yang andal. Kemampuannya menyerap setiap materi latihan yang diberikan pelatih
cukup cepat. Bahkan tugas-tugas yang diberikan selalu diselesaikan lebih awal dibanding anjing lain.

Berburu binatang juga keahliannya.

Daya penciuman sangat mendukung anjing ketika mencari persembunyian kelinci. Tak satu pun satwa kecil itu ' ‘ yang lolos dari sergapannya.
Di balik kepintarannya, beagle ternyata menyimpan tabiat buruk, la gampang cemburu bila pemilik lebih menyayangi anjing atau binatang lain. Jangan heran, bila anjing itu menggigit saingannya di depan pemilik sebagai ungkapan protes

Keunggulan Anjing Beagle Sebagai Alarm Dog Terbaik Dibanding Jenis Lain nya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 komentar:

Posting Komentar