Senin, 15 Juli 2019

Mengintip Koi Kualitas Kontes Incaran Para Hobiis Dari Maruyama Koi Farm

Sangatlah Pantas hobiis di nusantara mengagumi showa maruyama. Ia termasuk golongan jawara langka. Pasalnya, pengalaman kontes menunjukkan 50% grand champion selalu direngkuh kohaku. Diikuti 30% sanke, dan 20% showa. Ketiganya termasuk gosanke, kelompok koi elit yang paling disukai hobiis. Prestasi showa menyabet gelar terbaik seolah menempatkan showa maruyama sebagai legendaris. “Saya sepakat dengan keputusan akhir juri. Akan sulit sekali menemukan showa dengan kualitas seperti sang grand champion dibanding untuk menemukan kohaku dengan kualitas sama,” kata alumnus Arsitektur Trisakti itu.

Menurut Datta, kualitas warna koi ternakkan Gengi Maruyama pemilik Maruyama Koi Farm itu sempurna. Putih solid dan merah cerah. Kiwa alias batas antarwarna juga  tegas. Pun pola warnanya ideal. Bila dibagi 3 bagian: depan, tengah, dan belakang masing-masing warna putih, merah, dan hitam terwakili. Ketika dibayangkan tanpa warna hitam, maka pola kohaku (merah pada putih, red) sangat harmonis dan selaras.

showa maruyama

Naik pamor

Tak hanya sang jawara yang naik pamor. Nama Maruyama Koi Farm pun menjulang. Banyak hobiis di Indonesia memburu koi yang diternak di Yamanashi, sebuah kota kecil di dekat pegunungan Fuji. Eric Jonathan misalnya, pemilik Nirwana Koi Centre itu kelimpungan menerima pesanan koi tangkaran Maruyama. “Baru datang saja sudah rebutan,” katanya. adisucipto melihat, showroom-nya. di Serpong, Tangerang ramai dikunjungi hobiis. Selain Maruyama, banyak farm lain yang lebih dahulu terdongkrak popularitasnya karena kontes pada tahun-tahun sebelumnya. Sebut saja, Isa, Matsuno Suke, Hosokai, dan Dainichi.

Menurut Eric, sejak kontes itu digelar pada 21—23 Januari 2005, ia mendatangkan sekitar 270 koi berumur 6—7 bulan. Sepuluh di antaranya jenis showa, 200 kohaku, dan 60 sanke. Harap mafhum, Eric satu-satunya hobiis di Indonesia yang datang langsung pada kontes yang digelar pascagempa Niigata itu. Sehabis menyaksikan lomba, ia banyak mendapat order ikan jawara.

Itu bukan omong kosong. Banyak hobiis mencari ikan koi untuk persiapan kontes 2nd All Indonesia Combined Koi Show 2018 yang digelar APKI pada 29 April 1 Mei 2018 di Hall C Jakarta Fair Kemayoran. Bila keduluan hobiis mancanegara, kelahiran Surabaya 48 tahun silam itu akan memboyong koi lain yang selubuk dan berkualitas setara. “Ada sekitar 15 yang siap kontes. Berumur 4 tahun dan berukuran 70—80 cm,” katanya.
Salah satu kolam di Maruyama Koi Farm

Farm terkenal

Sebetulnya nama Maruyama Koi Farm bukan kata yang asing bagi hobiis koi di Jepang dan mancanegara. Sejak 1967, Gengi Maruyama malang melintang menyilangkan koi berkualitas. Ia bersahabat baik seperti layaknya saudara kandung dengan Minoru Mano, presiden direktur Dainichi Koi Farm ketika itu.

Dainichi adalah farm yang sangat terkenal di negeri Sakura. Tukar menukar ilmu dan pengalaman kerap mereka lakukan untuk meningkatkan kualitas koi. Kini keduanya dikenal sebagai dedengkot koi di Jepang.

Menurut Eric, selain pencetak showa berkualitas, Maruyama juga dikenal sebagai penghasil kohaku yang prima. Sebut saja kagura, ia dikenal sebagai kohaku legendaris jebolan Maruyama. Warna putih solid, merah cerah, dan kiwa yang tegas menjadi ciri khas kagura. Lantaran berkualitas, darah kagura kerap menurunkan jawara-jawara koi di kelasnya.

Prestasi Maruyama hampir mencapai puncak pada 1985, ketika itu Gengi berhasil menyilangkan turunan kagura dengan koi bongsor. Hasilnya, kohaku berkualitas dengan pertumbuhan pesat. Ia dikenal sebagai darah kagura beni.

Pantas saja Maruyama berhasil mencetak koi juara yang melegenda. Tangan dingin Gengi Maruyama dan Futoshi Maruyama putranya  memang didukung kolam luas dan fasilitas terbaik. Dua tahun lalu misalnya, farm itu memiliki 20 natural pond alias kolam alami. Bentuknya mirip danau yang maha luas.

Anakan koi ditempatkan pada 27 kolam khusus. Selain itu terdapat juga 5 rumah kolam dan 2 kolam pamer. Khusus untuk rumah kolam, sistem sirkulasi air dan filter dilengkapi peralatan otomatis yang modern.

Mengintip Koi Kualitas Kontes Incaran Para Hobiis Dari Maruyama Koi Farm Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 komentar:

Posting Komentar