Para Jawara Bandung Orchids Show 2018

Persaingan ketat Indonesia vs Taiwan dipertontonkan pada babak akhir Bandung Orchids Show. Bermodalkan motif garis cokelat kehitaman di lidah, Dendrobium spectabile var regar kokoh menghempaskan Phalaenopsis amabilis var aphrodite dari Taiwan. Enam juri menobatkannya sebagai anggrek terbaik the best of show pada lomba di Metro Trade Center, Bandung.

Pertarungan melawan phalaenopsis asal Pulau Formosa itu menjadi klimaks pertandingan. Pada tahap-tahap sebelumnya anggrek spesies dari Papua itu melenggang. Namun, begitu sampai final, muncullah 2 saingan berat: cattleya Le (shellie compton x mildred rivers), the best hybrid dan Phalaenopsis amabilis sebagai juara kelas anggrek bulan.

Cattleya hibrida asal Taiwan itu memang memukau. Tiga kuntum bunga masing-masing sebesar 20 cm menebarkan aroma harum. Sayang, bunga ketiga belum mekar sempurna. Jadi, 6 juri: Lukas Parnata, Wij aya Trisulo, Dr Irawati, Bernard Angkadiredja, Yosi Ramdani, dan Kiki Hendarsyah langsung menggugurkannya.
Dendrobium spesies juara III
Dendrobium spesies juara III

Dendrobium vs phalaenopsis

Diskusi berkepanjangan muncul saat dendrobium kribo itu disandingkan dengan phalaenopsis. Keduanya memang tampil menawan. Spesies asal Papua tampil prima. Bunga keriting bermunculan dari enam tangkai, utuh dari pangkal hingga pucuk. Pesaingnya, anggrek bulan taiwan milik Rose Farm, mengandalkan 50 kuntum bunga sebesar 3 cm yang mekar serempak di 4 tangkai. Hebatnya keiki, anak anggrek yang muncul di tangkai bunga, juga memunculkan bunga.

Juri memutuskan dendrobium spesies menjadi juara lantaran motif garis cokelat kehitaman di lidahnya. Itu memang salah satu keunggulannya. Menurut Frankie Handoyo, kolektor anggrek spesies di Jakarta, warna lidah dendrobium kribo biasanya cenderung merah dengan dasar kekuningan. Kemenangan itu memang tidak mutlak. Sebab, dari 6 juri, 2 di antaranya memilih phalaenopsis taiwan sebagai pemenang.

Pada berbagai lomba, anggrek alam Indonesia jarang menang. Kesehatan anggrek kendalanya. Kalaupun ada anggrek spesies yang unggul, biasanya jebolan luar negeri. Namun, koleksi Syahrizal Siregar lain. Daun mulus dan mengkilap tanda perawatan optimal. Hasilnya, ia rajin berbunga.

Sukses Dendrobium spectabile var regar kokoh bukti anggrek spesies Indonesia bisa bersaing dengan Taiwan, gudang anggek bulan berkualitas tinggi. Kepiawaian merawat bakal memunculkan potensi keindahan itu.

Post a Comment

0 Comments