Home / Tak Berkategori / PemilihanTweeter Walet Yang Tepat Menjadi Kunci Sukses Budidaya Walet

PemilihanTweeter Walet Yang Tepat Menjadi Kunci Sukses Budidaya Walet

Tweeter menjadi benda berharga di rumah walet Kemampuannya memanggil dan memikat si liur emas menjadi kunci sukses budidaya walet. Tak heran, bila peternak walet memasang puluhan hingga ratusan tweeter.

Sekilas ia seperti speaker biasa. Kelebihannya ia bisa menghasilkan bunyi sesuai frekuensi suara walet. Ini penting lantaran indera pendengaran walet sangat peka terhadap frekuensi tinggi. “Frekuensi suara yang keluar dari tweeter mendekati cericit walet,” kata Rudy Hamitoh, praktikus walet di Sunter,Jakarta ‘Jtara.

Pemilhan Tweeter Walet

Di pasaran tersedia beragam merek tweeter seperti Audax, Motorola, dan Piezo dengan harga bervariasi. Berdasarkan bahan perangkatnya dibedakan 2 jenis,yaitu magnet dan keramik.

Tweeter keramik mudah dipasang; magnet perlu orang ahli untuk memasangnya. Bila menggunakan tweeter magnet berhambatan 8 oh m jumlah yang bisa dipasang terbatas karena harus disesuaikan dengan kekuatan amplifier.

“Pasang tweeter secara paralel supaya berapapun jumlahnya tidak akan membebani dan merusak amplifier,” kata Bobo Wijaya, pemilik Golden Walet. Untuk luasan 10 m x 20 m, pasang 40—50 buah. Bila dipasang seri, kualitas suara berbeda-beda.

Bobo menyarankan kabel telepon berisi 4 serat, hitam, putih, merah, dan biru untuk sambungan ke CPU. Dengan demikian, output tweeter bisa 2 suara sekaligus bahkan lebih. “Suara anakan, dewasa, dan indukan sekaligus,” kata alumnus jurusan Master of Information System, Brisbane, Australia itu.

Pilih tweeter kecil untuk di dalam ruangan agar walet betah dan bersarang. Pemasangan sebaiknya mengarah lubang masuk. Untuk memikat walet di luar gedung, pasang tweeter besar di depan lubang masuk dengan frekuensi tinggi dan volume besar. Pengaturan volume dipertimbangkan. Kondisi lingkungan, seperti kecepatan angin dan cuaca sangat mempengaruhi sistem kerja tweeter. Volume terlalu besar, akan mengejutkan walet saat mendekat sehingga enggan masuk. Bila pemakaian dan pemasangan tweeter tepat, maka walet akan segera terpikat masuk ke rumah.

About adi

error: Content is protected !!