Senin, 15 Juli 2019

Varian Terbaru Ranchu side view Asal China

Ranchu sideview asal Cina itu memiliki jambul ekstra tebal dan tersebar merata ke seluruh kepala. Di beberapa bagian muka jambul ekstra itu keluar bak gelembung air. Sebab itu menimbulkan kesan bergelambir. “Ukuran kepala terlihat lebih menonjol daripada bagian tubuh lain,” ujar Pieter dari Tropis Aquarium di Magelang.

Menurut importir maskoki itu ranchu bulldog dianugerahi tulang punggung yang lebar dan melengkung sempurna 180°. Karena lebar, ranchu sideview bertubuh bulat telur itu terlihat kokoh dan berotot bak aktor laga Hollywood Arnold Schwazinegger. Lantaran masih langka, ranchu yang ukuran dewasanya mencapai panjang tubuh 20—25 cm itu kini diperebutkan banyak kolektor. Harganya bisa mencapai Rp l0-juta per ekor.

Ranchu side view
Ranchu bulldog

Redmoor butterfly

Moor lazim bercorak hitam. Sebab itu ia kondang disebut blackmoor. Belakangan muncul redmoor. Ternakan penangkar Cina itu sebetulnya sudah sejak lama ada di tanah air. Sayang kesolidan corak merah moor merah itu tertinggal jauh ketimbang ryukin. Corak merah tidak pekat, tetapi lebih condong lembayung. Wajar ia kurang diminati hobiis. “Bentuk ekornya masih tidak keruan sehingga ia lebih mirip jenis komet,” kata Iwan Kusuma, kolektor di Jakarta Barat.

Maskoki kelompok dragon eye itu kini tampil dengan pakaian baru. Hasil kerja keras penangkar Cina sejak 2002 itu menelurkan redmoor bercorak solid dan memiliki ekor seperti kupu-kupu. “Jika dulu ia sideview, sekarang berubah topview.

Penampilannya pun terkesan impresif,” ujar Pieter. Keistimewaan lain ikan yang dapat mencapai ukuran 30 cm itu mempunyai pangkal ekor kuat. Saat ia berenang kibasan ekor bak kupu-kupu itu bisa mengembang lebih lama. ( baca : Ladang Rezeki Pehobiis Ikan Maskoki Kualitas kontes )

Seperti redmoor butterfly, kelompok ryukin pun kini mengeluarkan jenis ekor butterfly. Bahkan ia memiliki bentangan ekor lebih lebar sehingga dijuluki ryukin broad tail. Ryukin bercorak merah solid ini mempunyai otot punggung lebih besar dan menonjol. Bila dilihat sideview otot punggung tampak seperti punuk onta. “Broad tail pada ryukin tidak terbatas pada yang bercorak merah, tapi untuk yang bercorak cokelat pun sudah ada,” ujar Pieter.

Kelompok oranda tidak mau ketinggalan. Kini hadir oranda dengan bentuk kepala bak macan. Jambul yang disebut jenis tigerhead itu menyeruak hingga ke bibir. Keistimewaan lain jenis bercorak merah dan putih itu terletak pada lekuk punggung dan perut yang dalam sehingga ia terkesan buntet. Ikan yang bisa mencapai ukuran 25 cm itu pun memiliki ekor lebih tebal dan pangkal ekor kuat. Selain itu bentangan sirip punggung ikan asal Cina itu lebih tinggi dari oranda umumnya.

Varian Terbaru Ranchu side view Asal China Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 komentar:

Posting Komentar